VPN (Virtual Private Network)

Assalamualaikum wr.wb


Nama: Yuzzar Al Priyatna Malik
Kelas :XII TKJ 1




Selamat datang di web Ripper Informan kali ini saya akan menjelaskan tentang identifikasi VPN (Virtual Private Network)

Pengertian VPN



VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

  • Fungsi VPN
Kerahasiaan Data (Confidentially)

Penggunaan VPN dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi milik pengguna agar tidak digunakan orang lain sembarangan. Saat ini menggunakan jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis-bisnis besar misalnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan menggunakan VPN maka bisa mengamankan keluar masuknya data melalui metode enkripsi.

Keutuhan Data (Data Integrity)

VPN juga berguna untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.

Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada VPN mampu mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.


  • Manfaat VPN
Remote Access : Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.

Keamanan : dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.

Dapat menghemat biaya setup jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri

  • Protokol VPN
1.IPSEC sebagai penanganan VPN via ip secure protocol

2.PPTP sebagai penanganan VPN versi awal

3.VPN with SSL sebagai penanganan VPN dengan menerapkan protocol secure socket layer

  • Implementasi VPN

1.Model remote access
Sebagai sebuah proses remote access yang bertujuan mendapatkan koneksi ke jaringan privat tujuan.

2.Ekstranet
Ekstranet VPN merupakan fasilitas VPN yang di peruntukan bagi pihak pihak dari luar anggota organisasi atau perusahaan tetapi masih memiliki hak dan kepentingan untuk dapat mengakses data dalam kantor.

3.Intranet
Intranet merupakan koneksi VPN yang membuka jalur komunikasi pribadi menuju ke jaringan lokal yang bersifat pribadi melalui jaringan publik seperti internet.

Kelebihan VPN
  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN adalah solusi dengan biaya yang lebih murah
  • Dengan adanya VPN maka mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah
  • Fitur kemanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan VPN
  • Ketika menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses.
  • Diperlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dedicated server

VPS (Virtual Private Server)

Konfigurasi FTP Server