Dedicated server

Assalamualaikum wr.wb


Nama: Yuzzar Al Priyatna Malik
Kelas :XII TKJ 1



Selamat datang di web Ripper Informan kali ini saya akan menjelaskan pengertian, dasar dasar dan kelebihan dan kekurangan dedicated hosting server


  • Pengertian dedicated server
Dedicated Server didefinisikan sebagai layanan penyewaan server secara utuh yang diletakan pada data center tanpa berbagi (shared) dengan pengguna lain sebagaimana pada layanan shared hosting (hosting regular). 

  • Dasar dasar dedicated server

1. Identifikasi dedicated server

layanan hosting khusus menawarkan ruang dan bandwith untuk host website di server dedicated server tersedia di unix Linux atau server Windows dengan kinerja dan keamanan yang lebih tinggi. layanan dedicated server pada dasarnya digunakan untuk mengelola dan memelihara server, backup data, dan memonitor lalu lintas server, mengakses dukungan teknis dan meningkatkan rencana sebagai perubahan kebutuhan.selain itu, dedicated server menyediakan layanan hosting yang kuat, dan dapat diandalkan, dan aman. user akan memiliki ruang yang cukup disk dan bandwidth sangat besar, lalu lalulintas tinggi, atau situs-situs mission-critical yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan besar, organisasi data berat, dan komunikasi online aktif.dedicated server sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan layanan yang sangat baik.dengan menempatkan sebuah website di dedicated server hosting,kemungkinan menghadapi masalah yang berkaitan dengan offline atau down time akan berkurang drastis.

2. Prosedur memilih dedicated server

a. Aspek harga (price)

Tanpa mengesampingkan kualitas, harga merupakan salah satu faktor penting yang selalu menjadi aspek pertimbangan. Harga mahal bukan indikator kualitas layanan, dan harga murah juga tidak selalu berujung murahan. Pilihlah perusahaan hosting yang menawarkan harga terbaik dengan mutu layanan yang sudah teruji.
b. Aspek spesifikasi server
Sebelum melihat lebih jauh tentang spesifikasi pendukung dedicated hosting, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa spesifikasi server yang akan digunakan berbeda dengan layanan shared hosting biasa. Mestinya harus mampu mengoptimalkan performa website Anda. Beberapa penyedia layanan dedicated hosting telah mengaplikasikan teknologi Cloud VPS Parallel untuk server yang digunakan. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi modul server dengan dukungan cPanel

c. Aspek kapasitas memori

Ketika Anda ingin memilih layanan dedicated hosting untuk website Anda, pastikan memory yang mendukung website Anda mampu memberikan performa terbaik. kecepatan akses merupakan salah satu aspek terpenting yang pastinya tidak bisa ditawar-tawar. Anda perlu menganalisa terlebih dulu penyedia hosting pilihan Anda, pastikan mereka memberikan RAM yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan website Anda.

d. Aspek keamanan

Dalam memilih dedicated hosting, kita tentu akan tertanya dalam hati, apakah provider tersebut bisa menjamin keamanan data website kita? Anda tentunya menginginkan layanan dedicated hosting dengan tingkat keamanan tinggi, terlebih lagi jika website yang Anda berupa website e-commerce yang tentu saja memiliki banyak data penting. Untuk menghindari kerugian, pilihlah penyedia dedicated hosting yang memberikan jaminan berupa hardware dan software berlisensi untuk keamanannya

e. Aspek dukungan teknis

Pengguna dedicated hosting adalah mereka yang memiliki website premium. Dalam hal ini mereka pantas untuk mendapatkan prioritas pelayanan. Tentukan pilihan Anda pada penyedia dedicated hosting yang siap memberikan dukungan teknis terbaik untuk Anda. Mestinya mereka menawarkan berbagai macam sarana komunikasi untuk membantu Anda mengatasi setiap isu atau masalah tata-kelola dedicated hosting yang Anda hadapi


  • kelebihan dedicated server
Akses Penuh
Dedicated server memeberikan kebebasan kepada penyewa untuk memiliki hak akses yang dimiliki 100%. Menariknya lagi adalah Dedicated Server juga akan memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan.

Aman
Kelebihan dari penggunaan Dedicated Server selanjutnya adalah apabila terjadi kerusakan pada server, Anda tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga sangat aman bagi Anda untuk mengoperasikan Dedicated Server tersebut.

Efektif, Bisa Menggunakan Remote
Kelebihan lainnya adalah penyewa bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Anda tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani Anda selama mengelola website.

  • Kekurangan dedicated server
Harganya Mahal
Kekurangan yang dimiliki oleh hosting dengan tipe Dedicated Server adalah biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Berbeda dengan share hosting yang memungkinkan Anda untuk membayar sewa bersama dengan pengguna lainnya.

Skill yang Advanced
Kekurangan lain dari penggunakan Dedicated Server adalah penyewa harus memahami kinerja dan cara kontrol server. Hal tersebut sangat penting agar Anda bisa mengelola dedicated server dengan maksimal. Apalagi, ada cukup banyak pengaturan di berbagai aplikasi yang harus dilakukan. Sehingga Anda harus benar-benar mempelajari pengelolaan data menggunakan dedicated server sebelum menyewanya.

Sekian dari saya terima kasih

Wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VPS (Virtual Private Server)

Konfigurasi FTP Server